Berita

PROMOSI PELAYANAN KESEHATAN HEWAN
  • Kesehatan Hewan dan Kesmavet
  • 21-May-2018 10:42:09 WIB
  • 30 view

Dalam rangka  menyambut Hari Jadi Kabupaten Bandung yang ke 377 dan menyambut Hari Kedokteran Hewan Sedunia setiap 28 April, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung  menyelenggarakan Promosi Kesehatan Hewan berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan ternak dan pengobatan cacing pada ternak domba / kambing yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Promosi pelayanan kesehatan hewan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bandung untuk dapat mencapai status kesehatan hewan yang optimal.

Adapun  pelaksanaan kegiatan sejak tanggal 9 - 15 April 2018 dengan target pelayanan sebanyak 4000 dosis/ekor domba.  Pengobatan dilaksanakan oleh petugas puskeswan  Pengobatan ini diharapkan domba tersebut sehat pada Hari Raya Idul Adha.

Selain Pengobatan dilaksanakan juga sosialisasi kepada peternak  tentang pentingnya menjaga kesehatan ternaknya  dengan memperhatikan secara seksama terutama pada musim hujan serta memperhatikan cara dan dosis pengobatan sesuai dengan anjuran.Motto “Sabilulungan mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang lebih sejahtera dengan cara Mensejahterakan Masyarakat Melalui Kesejahteraan Hewan” / “Manusya Mriga Satwa Sewaka “.

Pada kesempatan tahun ini, Pengobatan  Cacing dilaksanakan di Desa Rawabogo Kecamatan Pasirjambu, dengan total pengobatan sebanyak 910 ekor, Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin sebanyak 414 ekor, Desa Majasetra Kecamatan Majalaya ( Pasar Hewan ) sebanyak 53 ekor , Desa Mekawangi Kec. Ibun sebanyak 320 ekor, Desa Sukamaju Kec. Cimaung sebanyak 269 ekor, Desa Jagabaya sebanyak 900 ekor, Desa Pulosari Kec. Pangalengan sebanyak 100 ekor sehingga totalnya ada 2971 ekor ternak yang diobati.

Untuk hasil yang lebih maksimal lagi, pengobatan cacing dapat diulang sebulan sejak pengobatan terakhir.

WORLD VETERINARY DAY
‘The Role Of The Veterinary Profession In Sustainable Development To Improve Livelihoods, Food Security And Safety’.

Kembali