Berita

Pemkab Bandung Bangun 26 Damparit
  • Prasarana dan Penyuluhan
  • 05-Nov-2018 08:46:15 WIB
  • 57 view

UNTUK meningkatkan produksi pertanian dan perluasan tambah luas lahan tanam pertanian, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung membangun 26 damparit di 12 kecamatan, Kabupaten Bandung. Selain itu membangun 4 sumur dangkal dan rumah pompa air untuk mengairi lahan pertanian.

Salah satu pembangunan damparit melibatkan kelompok tani dilaksanakan di aliran Sungai Cisanggarung Kampung Sekebalingbing Babakan RT 04/RW 10 Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jumat (26/10/2018). Pembangunan dumparit itu untuk meningkatkan infrastruktur pertanian.

kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ir. Ina Dewi Kania didampingi Kelompok Tani Makmur, Unit Pengelola Kegiatan, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan damparit yang sudah selesai dibangun oleh Kelompok Tani Makmur.

Ina mengatakan, pembangunan damparit itu untuk memudahkan penyaluran air dari aliran Sungai Cisanggarung ke lahan pertanian padi seluas 50-60 hektare.

"Untuk mendukung pembangunan damparit, kelompok tani pun membangun jaringan atau saluran air sepanjang 110 meter ke lahan sawah," kata Ina kepada galamedianews.com di lokasi pembangunan damparit.

Ina mengatakan, dengan adanya pembangunan damparit di badan sungai itu, sehingga penyaluran air ke lahan pertanian lebih spesifik. Apalagi disaat musim kemarau, penyaluran air akan lebih spesifik.

"Sebelumnya, penyaluran air ke lahan pertanian kurang optimal karena kondisinya tak sebaik sekarang ini setelah dibangun damparit," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya pembangunan damparit ini, pengolahan lahan pertanian akan lebih optimal.

"Pada musim kemarau bisa ditanami padi. Coba saja lihat, saat ini ada tanaman padi siap panen," katanya.


Source : www.galamedianews.com

Kembali