Berita

Bupati Bandung Dapat Penghargaan Dari Kementan RI
  • Perkebunan
  • 20-Dec-2018 07:59:03 WIB
  • 130 view

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu dinilai memiliki inovasi dan terobosan dalam menyebarkan pola Sabilulungan untuk memajukan sektor perkebunan dan pertanian diwilayah yang dipimpinya.

Pemberian apresiasi itu diberikan secara langsung oleh Dirjen Perkebunan Kementan, Bambang Wahyu Dwiantoro saat Peringatan Hari Perkebunan Nasional ke-61 di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (11/12).

Lelaki yang lebih akrab disapa Kang DN itu mengatakan, bila penghargaan yang saat ini diperolehnya merupakan kerja bersama antara pemerintah, masyarakat terutama petani, pihak swasta, dan perguruan tinggi.

"Prestasi ini adalah komitmen semua pihak untuk memajukan perkebunan di Kabupaten Bandung. Alhamdulillah, apresiasi ini saya dedikasikan untuk para petani sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik," harapnya.

Pembangunan perkebunan, kata DN, sangat menunjang keberlangsungan ekosistem lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi. Dirinya berterima kasih kepada para petani yang bersinergi.

"Semoga masyarakat terus termotivasi. Kabupaten Bandung sudah dinyatakan punya varietas kopi unggul tumbuh di 12 gunung seperti gunung puntang biji kopi specialty arabica terbaik dunia,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Tisna Umaran menyebutkan, penghargaan ini merupakan pengakuan dari pemerintah pusat terhadap inovasi kinerja yang dilakukan kepala daerah mendukung pembangunan perkebunan.

"Penghargaan ini adalah inovasi kinerja Pak Bupati. Sejak 2013 mendorong perkebunan kopi, lalu dukungan program di tahun 2016 seperti event festival kopi 'Dari Kabupaten Bandung untuk Dunia'," terang Tisna.

Menurut Tisna, pola kerja Sabilulungan yang digaungkan memberi dampak yang sangat signifikan dalam mendukung perkembangan komoditas sektor perkebunan dan mengajak semua pihak untuk berkontribusi maksimal.

"Jadi ga dilakukan oleh pemerintah saja. Pak Bupati mendorong semua berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat, seperti pemerintah pusat, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan dunia usaha," tandasnya.

Kelompok Tani Kabupaten Bandung juga meraih penghargaan di kategori Koperasi Produktif dan Sehat dalam pengembangan agribisnis kopi untuk Koperasi Produsen Kopi Margamulya (Pangalengan).


source : www.rmoljabar.com

Kembali