Berita

Beras Ketan Hitam, Komoditas Ekspor dari Kabupaten Bandung
  • Tanaman Pangan
  • 20-Sep-2019 10:57:25 WIB
  • 95 view

Guna mengakselerasi surplus neraca perdagangan, Kementerian Pertanian saat ini tengah mendorong peningkatan ekspor komoditas pertanian. Salah satu penyumbang devisa dari komoditas pertanian ternyata ada di Desa Cipeujeuh Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, sebagai produsen beras ketan hitam untuk komoditas ekspor.

Pada hari Jumat, 20/09/2019, dilakukan kunjungan kerja Dirjen Tanaman Pangan Dr. Ir. Suwandi, M.Si., yaitu untuk meninjau kelompk tani Jasa Rama, produsen beras ketan hitam, dimana beras hitam disini. merupakan beras ketan hitam terbaik dunia. Dalam kunjungannya Dirjen TP didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Ir. H.A. Tisna Umaran MP. Dirjen Tanaman Pangan mengungkapkan bahwa kunjungannya kali ini adalah untuk mempertemukan petani sebagai produsen dengan eksportir beras, karena selama ini eksportir kesulitan barang, petani kesulitan pasar. Untuk meningkatkan keran ekspor, Dirjen Tanaman Pangan akan menutup impor beras ketan hitam. Sementara itu Kadistan, mengungkapkan akan berusha memfasilitasi sarana dan prasarana pertanian yang dibutuhkan kelompok.

Dalam kesempatan ini, hadir juga eksportir beras ketan hitam yang selama ini bermitra dengan poktan Jasa Rama, juga para ekaportir lainnya yang akan bermitra dengan petani padi di Kabupaten Bandung. Eksportir berharap dapat bermitra dengan petani Kabupaten Bandung, karena permintaan ekspor masih terbuka luas, asal petani dapat menghasilkan beras sesuai permintaan pasar ekspor. (kur)


Kembali