Berita

TEH, PRIMADONA IMUNITAS
  • Perkebunan
  • 18-May-2020 09:30:50 WIB
  • 184 view

Siapa orang yang tak ingin bonus berlipat?  Hal inilah yang akan didapat ketika Anda rajin mengosumsi minuman teh. Selain menyehatkan, teh bisa membuat kulit cerah, terhindar dari obesitas/ kegemukan, harganya ekonomis.
Proses pembuatan minuman teh  sangat mudah. Cukup diseduh dengan air panas. Pemeroleh bahan bakunya juga mudah, dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.  Rasa teh pun akrab dan segar di lidah. Teh itu ibarat paket lengkap.  Apalagi yang lebih menguntungkan dari itu?  Kok bisa?
Teh bermanfaat meningkatkan imunitas. Mengapa demikian? Menurut  Dr. Tim Bond dari Tea Advisory Panel,  hasil penelitiannya menunjukkan bahwa minum teh membantu memulihkan keseimbangan bakteri usus yang sehat. Dengan usus yang sehat, sistem imunitas meningkat dan bisa melindungi dari bakteri dan virus. Selain itu teh mengandung senyawa ethylaminem yang berguna untuk menciptakan kekebalan tubuh (https://www.femina.co.id/food story/benarkah-teh-dapat-meningkatkan-imunitas-tubuh)
Lebih dari itu apa yang ditulis dalam https:// ayobandung.com/minum-secangkir-teh-tingkatkan imunitas tubuh menyebutkan bahwa lebih dari 24 percobaan menemukan bahwa peminum teh  memiliki tingkat bakteri menguntungkan yang lebih tinggi. Sedangkan  mikroba yang terkait dengan peningkatan resiko obesitas, diabetes dan peradangan sendi lebih sedikit. Selanjutnya Dr. Emma Derbyshire, ahli kesehatan menguatkan bahwa teh memiliki dampak positif terhadap kelebihan berat badan.
Senada dengan hal tersebut di atas,  menurut Dr. Dadan Rohdiana, pakar teh yang juga sebagai Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina mengatakan bahwa  mengonsumsi teh, dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dengan daya tahan tubuh yang bagus risiko terpapar virus menjadi rendah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa flavanoid di dalam teh, yaitu, katekin, theaflavin , quercetin, kaempferol, dan myricetin.
Lalu teh jenis apa yang memiliki khasiat seperti di atas? Pada dasarnya semua jenis teh memiliki khasiat yang serupa, bahwa teh ehijau, teh hitam, teh hitam, teh putih, memiliki segudang khasiat. Hanya kalau berbicara harga, masih menurut Dadan, karena diambil dari bagian pucuk teh yang paling atas, paling muda, dan belum mekar. Oleh karena diambil dari bagian yang paling bagus, maka kandungan polifenol, kafein, dan asam amino teh putih lebih tinggi dari jenis teh lainnya.
Polifenol dan flavanoid dalam teh bertindak sebagai antioksidan. Dimana antioksidan ini mampu mencegah sumbatan darah atau plak dalam pembuluh darah, serta mencegah penyakit jantung. Disamping itu, antioksidan mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker.
Nah, tunggu apa lagi? Mari kita konsumsi minuman teh setiap hari sebagai upaya pencegahan virus COVID 19. Sehingga, mengutip pernyataan Presiden Jokowi, kita bisa berdamai dengan COVID 19 dengan menjalani new normal life, yaitu salah satunya menjaga imunitas dengan teh.

Kembali