Berita

Warga Citaman Nagreg Kabupaten Bandung Galakkan Penanaman Kopi
  • Perkebunan
  • 27-Feb-2020 12:32:56 WIB
  • 44 view

SEJUMLAH warga bersama pegiat lingkungan terus menggalakan penanaman kopi di Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Jumat (21/2/2020). Di kawasan tersebut banyak potensi lahan yang cukup luas untuk ditanami kopi dan gerakan penghijauan lainnya.

Gerakan penanaman kopi itu untuk mendukung program Pemerintahan Desa Citaman dalam melaksanakan rehabilitasi lahan kritis atau minim pohon tegakan. Selain itu dalam upaya mendongkrak ekonomi masyarakat melalui penanaman kopi dan jenis tanaman produktif lainnya.

"Sudah ada sekitar 5.000 pohon kopi yang ditanam di Desa Citaman, dan sebagian pohon sudah mulai belajar produksi. Bahkan baru-baru ini kita melaksanakan penanaman pohon kopi sebanyak 3.000 pohon bantuan dari Bupati Bandung melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bandung," kata pegiat lingkungan sekaligus pelaku usaha kopi Isur Suryadi kepada galamedianews.com di Desa Citaman Nagreg.

Isur mengatakan, gerakan penanaman pohon kopi di Desa Citaman menjadi salah satu program prioritas untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. "Karena dari sisi ekonomi, produksi kopi sangat menjanjikan. Bahkan sudah banyak warga yang tertarik untuk menanam kopi," katanya. Ia mengatakan, tanam kopi di Desa Citaman, salah satunya di kawasan lahan milik carik desa yang mencapai 2-3 hektare. Setiap hektare lahan itu membutuhkan 2.500 pohon kopi.

"Namun untuk menanam kopi itu membutuhkan pohon tegakan di sekitarnya. Karena tanaman kopi kebutuhan pencahayaan sinar matahari sekitar 30 persen," katanya.

Untuk itu, imbuh Isur, penanaman kopi dilaksanakan di bawah pohon tegakan. "Kebetulan di Desa Citaman banyak lahan yang bisa ditanami kopi," katanya.

Isur mengatakan, dengan adanya gerakan penanaman kopi ini, produksi kopi nantinya bisa dipasarkan melalui aparatur Desa Citaman."Sehingga para konsumen yang membutihkan kopi sesuai dengan rasa yang diinginkannya bisa langsung pesan melalui desa. Kita pun sedang berusaha untuk meracik kopi dengan rasa yang khas. Nanti brand kopinya bisa langsung kopi Citaman," ungkapnya.

Bahkan untuk mengembangkan kopi Citaman, lanjut Isur, pihak Desa Citaman bisa membuka kedai, cafe atau galeri kopi guna mempromosikan kopi hasil olahan warga Desa Citaman."Saya sangat optimistis dengan pengembangan kopi Citaman bisa bersaing di pasaran," katanya.

Ia pun melihat tanaman kopi di Desa Citaman bisa tumbuh subur dan berkembang. Pasalnya, kawasan Desa Citaman berada di atas 700 sampai 1.000 meter di atas permukaan laut.

"Dengan ketinggian itu sangat cocok untuk pertanian kopi," katanya.

Ia pun terus mendorong warga melakukan penanaman kopi. Memang hasilnya tak bisa dirasakan langsung secara instan. "Manfaatnya itu bisa dirasakan langsung setelah tanaman kopi itu ditanaman berusia beberapa tahun, bisa langsung produksi," katanya.

Ia pun melihat sudah mulai banyak warga yang tertarik menanam kopi, selain tanaman lainnya yang sudah biasa digalakan oleh para petani setempat.

"Mumpung saat ini musim hujan, kesempatan warga untuk menanam kopi. Selain penanamannya di lahan tanah carik desa, juga bisa dilaksanakan di lahan milik warga," pungkasnya. Editor: Efrie Christianto

sumber :  link: https://www.galamedianews.com/bandung-raya/248483/warga-citaman-nagreg-kabupaten-bandung-galakkan-penanaman-kopi.html
Penulis: Engkos Kosasih
Editor: Efrie Christianto

Kembali