Berita

Distan Kab. Bandung Lakukan Ini di Masjid Selama Bulan Ramadan
  • Sarana dan Prasarana
  • 20-Apr-2021 15:10:09 WIB
  • 65 view

Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Bandung lakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah sarana dan fasilitas umum Kabupaten Bandung. Penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah masjid yang selama bulan Ramadan digunakan kegiatan ibadah khususnya pelaksanaan salat sunat  tarawih.

"Kita pun turut melaksanakan penyemprotan disinfektan di Masjid Al Fathu Komplek Pemkab Bandung di Soreang. Selain itu melaksanakan penyempotan disinfektan di Kantor DPC PKB Kabupaten Bandung, DPD PKS Kabupaten Bandung dan sejumlah perkantoran dan fasilitas umum lainnya," terang Kasi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ir. Agus Lukman kepada Portal Bandung Timur di Baleendah, Senin 19 April 2021.

Dikatakan Agus Lukman, pihaknya sudah mengagendakan penyemprotan disinfektan di sejumlah masjid yang akan digunakan titik lokasi pelaksanaan tarawih keliling jajaran OPD Kabupaten Bandung. "Sebelum dilaksanakan tarawih keliling, kita lebih awal melaksanakan penyemprotan diinfektan. Lokasi masjid yang akan digunakan agenda tarawih keliling itu, satu daerah pemilihan dipusatkan di satu masjid," kata Agus Lukman.

Menurut Agus Lukman, penyemprotan disinfektan sangat penting dilaksanakan karena masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga kesehatan masyarakat menjadi prioritas Satgas Covid-19 Kabupaten Bandung, yang di antaranya petugas Dinas Pertanian masuk ke tim satgas tersebut.

"Masjid yang saat ini digunakan tempat salat wajib lima waktu dan salat sunat tarawih pada setiap malam selama Ramadan harus aman dan nyaman bagi masyarakat. Penyemprotan disinfektan bagian dari ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ungkap Agus Lukman.

Ia pun memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Saat berada di dalam masjid, prokes Covid-19 tetap harus dijalankan. Di antaranya tetap memakai masker dan jaga jarak, selain memakai hand sanitizer. Sebelum masuk masjid, lebih baik cuci tangan pakai sabun karena saat ini masjid-masjid sudah memperhatikan sarana prokes," tuturnya.

Dikatakan Agus Lukman, penyebaran virus corona bisa ditekan, jika semua masyarakat disiplin untuk memperhatikan pola hidup bersih dan sehat. "Menjaga diri sendiri, sama dengan turut menjaga keselamatan orang lain. Ayo kita sama-sama peduli pencegahan Covid-19 dan berharap pandemi ini segera berakhir," ungkapnya.

source : https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/ 

Kembali