Berita

Gerdal OPT Blast
  • Sarana dan Prasarana
  • 15-Jan-2021 11:33:32 WIB
  • 201 view

Gerdal OPT Blast
Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dalam rangka mempertahankan produksi dan produktivitas hasil pertanian, salah satu upaya tersebut adalah melalui gerakan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan). Gerdal OPT dilakukan setelah hasil pengamatan dari petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan), hasil pengamatan ditemukan adanya serangan OPT yang berpotensi apabila tidak dikendalikan akan merugikan hasil produksi.

Berdasarkan laporan petugas POPT Kecamatan Soreang, Luki Hasan, terdapat serangan OPT Blast seluas 5 Ha, pada Iahan sawah milik kelompok tani Makmur Tani dengan tingkat serangan 1 1 .85%, kategori sedang, sudah termasuk ambang kendali, untuk dikendalikan, sehingga apabila tidak dikendalikan akan mengakibatkan tanaman padi mengalami busuk Ieher dan berujung pada kematian tanaman.


Dari laporan tersebut, maka pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2021, bertempat di Kelompok Tani Makmur Tani Desa Karamat Mulya kec. Soreang, dilaksanakan


Gerdal OPT Blast dipimpin oleh I r. Agus Lukman, Kasi Pengendalian Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dan dilaksanakan bersama degan petugas POPT BPTPH Provinsi Jawa Barat, Bripertasa, dan penyuluh pertanian Kecamatan Soreang.


Kembali