Berita

Keltan Wargisaluyu II Panen Padi Bebas Residu
  • Sarana dan Prasarana
  • 31-Aug-2020 22:31:25 WIB
  • 15 view

Para petani yang tergabung dalam Kelompok tani Wargisaluyu II yang berada di RW 03 Desa Sumbersari Kecamatan Ciparay melaksanakan panen ubinan padi bebas residu, Senin(31/8/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Sumbersari Ahmad Munawar, Bhabinsa Desa Sumbersari, Ade Suherman dari bagian pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Fityan dari Bidang Sarana dan Prasarana, Heni dari BPP Balai Penyuluh Ciparay, Puskesos dan Ketua RW 03.

Disela sela kegiatan Kepala Desa Sumbersari Ahmad Munawar mengutarakan bahwa penanaman padi ubinan yang bebas residu merupakan anjuran peraturan menteri pertanian nomor 1 tahun 2019 terkait penggunaan pupuk dan pestisida organik.

Lebih lanjut Ahmad Munawar mengatakan bahwa luas areal yang ditanami padi ubinan bebas residu di kelompok tani Wargisaluyu II yaitu 25 hektere. Sedangkan luas areal pertanian di Desa Sumbersari ada 837 hektare. Tambahnya.

Alhamdulillah dalam panen padi ubinan yang sehat dan bebas residu ini menghasilkan gabah 11 ton per hektarenya. Ungkap Ahmad Munawar.

“Ini merupakan sebuah terobosan besar, hasil panen ubinan padi yang bebas residu dapat mendongkrak hasil produksi pertanian, sehingga akan bermuara kepada tingkat pendapatan / perekonomian para petani itu sendiri” Tegas Kades Sumbersari.

Diakhir pembicaraan Kades Sumbersari Ahmad Munawar berharap kepada pemerintah atau instansi terkait untuk bisa memfasilitasi saluran air irigasi untuk segera di normalisasi.

Sementara itu Ade Suhendar dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung berharap kepada para petani “untuk terus menjadi petani tanpa mengenal lelah dan berjuang menjadi pahlawan ketahanan pangan.

‘Serta harus adanya generasi penerus para petani, dan petani merupakan garda terdepan dalam ketahanan pangan” Tegasnya.

Pada Kesempatan tersebut para petani yang diwakili Eep Sutarman selaku ketua kelompok tani Wargisaluyu II menghaturkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian yang telah memberikan bantuan bibit padi ubinan yang bebas residu.



Source : www.idisonline.com


Kembali