Berita

Teh dapat meningkatkan imunitas tubuh
  • Perkebunan
  • 22-Sep-2020 11:31:15 WIB
  • 115 view

AIR teh atau minuman teh sudah biasa dikonsumsi oleh banyak warga sejak dahulu kala hingga sekarang ini. Bahkan ada pihak yang meyakini, dengan mengonsumsi air teh secara rutin dapat menangkal penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19).

Demikian pula yang saat ini berlangsung di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. Mengonsumsi air teh dijadikan sebagai antivirus Covid-19 setelah mendengar penuturan Dr. Dadan Rohdiana. Penuturan pakar teh yang juga sebagai Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina itu dilansir melalui laman www.distan.bandungkab.go.id.

Dalam penuturannya, Dadan menyebut teh sebagai antivirus Covid-19. Menurutnya, teh apapun jenisnya, mulai dari teh hitam, hijau dan putih memiliki khasiat kurang lebih sama.

"Teh itu baik untuk anti oksidan, kanker dan anti diabetes, bahkan sampai anti virus yang sedang naik daun saat ini," kata Dadan.

Ia mengatakan, teh itu memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Di dalam teh tersebut terdapat kandungan senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid dalam teh yakni katekin, theaflavin, kaempfero, myrycetin, dan quercetin.

"Hal itu disebut-sebut sebagai senyawa yang terkandung dalam teh," katanya.

Atas dasar kandungan senyawa itu, Dadan menjelaskan, mekanisme yang paling mendasar adalah dapat mencegah virus Covid-19.

"Bahwa teh atau flavonoid mampu meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas pada tubuh orang yang minum teh. Dengan daya tahan tubuh yang bagus risiko terpapar virus menjadi rendah," katanya.

Menurutnya, orang yang biasa minum teh relatif lebih tahan pada virus, apapun namanya jenis teh tersebut.
"Sehingga disarankan sebaiknya minum teh secara teratur untuk meningkatkan sistem imun kita sepanjang hari," kata Dadan.

Sementara itu, Mang Uyun, warga Majalaya Kabupaten Bandung rutin meminum air teh setiap hari untuk menambah stamina pada tubuhnya.

"Sering minum teh sudah bisa dirasakan manfaatnya, dapat menyehatkan badan. Harga teh pun murah dan mudah didapat di warung-warung maupun toko-toko, sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi," katanya, Senin (15/6/2020).

Ia mengatakan minum teh disaat sedang santai maupun setelah makan. Minum teh pun sangat mudah prosesnya, tinggal diseduh air panas dan dibiarkan beberapa saat bisa langsung dikonsumsi.

"Minum teh itu memiliki rasa yang khas. Minum teh itu dapat menyegarkan," ucapnya.

Sejumlah pihak menilai, dengan minum teh dapat mengurangi kegemukan pada tubuh. Selain itu, dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri pada usus yang sehat.

Dengan usus yang sehat, sistem imunitas meningkat dan bisa melindungi dari bakteri dan virus. Disamping itu, teh mengandung senyawa ethylaminem yang berguna untuk menciptakan kekebalan tubuh.


Source : www.galamedianews.com

Kembali